Home » Pedoman Pemberitaan Media Siber

Pedoman Pemberitaan Media Siber

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita
Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai :

Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)
Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;

Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).
5. Pencabutan Berita

Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ”advertorial”, ”iklan”, ”ads”, ”sponsored”, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.
Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

Rekayasa dan Kriminalisasi Wartawan Hoky akan disidangkan lagi di PN Bantul atas dugaan laporan Tersangka Faaz Ismail

JAKARTA,  dobraknews– Dugaan rekayasa dan kriminalisasi wartawan jilid 2 (dua) terhadap Ir. Soegiharto Santoso alias Hoky selaku Ketum Apkomindo yang juga merupakan Wapemred Media Online www.infobreakingnews.com  ini akan diuji lagi di Pengadilan Negeri Bantul, pada hari Rabu, tanggal 27 Maret 2019 mendatang, sebelumnya Hoky telah mengalami proses kriminalisasi jilid 1 (satu) dan sempat ditahan selama 43 (empat puluh tiga) hari ...

Read More »

Gubernur Jatim Khofifah Membantah Pernyataan Mantan Ketua PPP

SURABAYA,  dobraknews – Terkait dengan perkataan Romahirmuziy yang menyangkutkan nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dibantah yang menyebut dirinya merekom nama Haris Hasanudin menjadi Kakanwil Kemenag Jatim. Gubernur Jatim Khofifah mengaku bahwa dirinya tidak mengenal sosok Haris Hasanudin secara personal. Padahal, Haris adalah menantu dari Roziqi yang merupakan Ketua Timses Khofifah-Emil pada Pilgub 2018. “Kalau (kenal) secara personal, tidak. Tetapi ...

Read More »

Romi Mengaku Hanya Merekomondasi, bukan Jual Beli Jabatan

JAKARTA,  dobraknews – Ada yang menarik dari penyataan Romahurmuziy (Rommy)/mantan ketua Partai PPP dan Anggota DPR RI setelah tersandung KPK da dalam kasus jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama. Dirinya membantah sangkaan korupsi yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rommy mengklaim bahwa dirinya  hanya meneruskan rekomendasi siapa yang cocok mengisi posisi kepala kantor wilayah agama di daerah. “Saya hanya ...

Read More »

UPP Sepeken Selesaikan 400 Pas Kecil Kapal Nelayan

SUMENEP, dobraknews – Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP), H. Anang SH, telah berhasil menyelesaikan pengukuran kpal dan penyerahan Pas Kecil sebanyak 388 kapal nelayan. Sementara ada 12 kapal nelayan yang pas kecilnya masih dalam proses penyelesaian, demikian disampaikan Kepala UPP Sepeken, saat dihubungi Rabu (21/3/2019) melalui saluran handpone kepada dobraknews. com. Kepala UPP Sepeken, Sumenep itu mengatakan telah menyelesaikan 388 ...

Read More »

KPK Sita dokumen dari Kantor Kamenag Gresik

GRESIK,  dobraknews – Buntut OTT terhadap Ketua  Partai PPP dan Kepala Kantor Wilayah Jatim dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik,  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kembali melakukan pengledahan dikantor Dinas Kementerian Agama (Kemenag)  Kabupaten Gresik, Rabu (20/3/2019). KPK telah menyita sejumlah berkas (dokumen) yang ditengarai sebagai milik Muhammad Muafaq Wirahadi. Ada dua koper warna biru dan kuning yang disita KPK, dimasukkan ...

Read More »

KSOP Gresik Telah Berhasil Menyelesaikan 501 Pas Kecil Kapal Nelayan

GRESIK, dobraknews- Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik, Selasa (19/3/2019) bertempat di Balai Keling Lumpur Gresik disaksikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gresik telah menyerahkan Pas Kecil dan Tanda Pas Kecil kapal penangkap ikan untuk kapal ukuran GT 7/tujuh. Penyerahan kali ini merupakan lanjutan rangkaian penyerahan 71 Pas Kecil yang telah diserahkan pada (7/2/2019) lalu kepada nelayan, oleh Kepala KSOP Kelas ...

Read More »

Purn TNI dan Mobil Terjun Bebas Kedanau Toba

SUMATRA UTARA, dobraknews – Mobil Escudo dikabarkan terjatuh secara terjun bebas Danau Toba. Sesuai informasi yang diterima disebutkan bahwa peristiwa terjadi di KM 18, Doloksanggul – Muara Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Senin (18/3/2019) sore sekira Pukul 18.50 WIB. Mobil naas Escudo sesuai informasi yang dihimpun diketahui dikemudikan oleh Parbuntihan Siregar (70), Purn TNI warga Huta Nagodang, ...

Read More »

Mandagi Nahkodai Dewan Pers Indonesi di Tengah Tantangan dan Peluang

JAKARTA, dobraknews – Rapat pleno Anggota Dewan Pers Indonesia hasil Kongres Pers Indonesia 2019 di Hotel Grand Cempaka Jakarta, baru-baru ini telah memilih Heintje Mandagi sebagai Ketua Dewan Pers Indonesia periode 2019-2022. Dua kandidat yang sebelumnya disebut-sebut menjadi calon kuat untuk menjabat Ketua Dewan Pers Indonesia yaitu Irjen (Purn) Pol Wisjnu Amat Sastro- mantan Kapolda Riau, dan Dr Emrus Sihombing- ...

Read More »

Tanah Papua Banjir Bandang, Telan Korban Jiwa

SENTANI-PAPUA,  dobraknews –Banjir bandang terjadi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.  Peristiwa itu meluas ke sembilan Kelurahan dan disebutkan banyak warga jadi korban meninggal dan dalam pencarian karena masih hilang. Namun dari data Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho terus mengupdate perkembangan bencana mengatakan Minggu (17/3/2019) pukul 08.30 WIB. “Tercatat dampak banjir bandang sebanyak 42 orang meninggal ...

Read More »

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim turut terjaring KPK

SIDOARJO,  dobraknews- Kantor Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Harris Hasanuddin, Jalan Raya Juanda Sidoarjo disegel oleh  KPK . Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag, Jawa Timur, Markus mengatakan bahwa penyegelan dulakukan kemarin ungkapnya pada wartawan Sabtu (16/3/2019). Dirinya baru menyadari setelah tim KPK mendatangi kantor Kemenag Jawa Timur dan menyegel ruangan milik Kakanwil Kemenag Jatim. “Berkaitan dengan kejadian kemarin, kami serahkan ...

Read More »

KPK Melakukan Aksi OTT di Kamenag Sidoarjo

SURABAYA,  dobraknews–  Berita penangkapan secara operasi tangkap tangan di Kantor Kementerian Agama Sidoarjo di jatim  santer ketelinga masyarakat.  Sesuai informasi ada beberapa  oknum yang telah diamankan dan telah diperiksa di Polda Jatim yang di amankan oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupasi (KPK) dan keberadaan diperiksa di Mapolda Jatim. Kebenaran informasi itu sesuai dengan informasi bahwa ada agenda kerja KPK di Jatim. ...

Read More »

Gugatan Perkara APKOMINDO Kembali di Gelar Pengadilan

JAKARTA,  dobraknews – Soegiharto Santoso alias Hoky selaku Ketum Apkomindo terus menerus didera permasalahan hukum, bahkan sejak dia menjabat sebagai Ketum Apkomindo di awal tahun 2015 hingga saat ini di tahun 2019, namun faktanya dia dapat terus mengatasinya dengan baik, bahkan saat ini bersama dengan beberapa koleganya telah mendirikan kantor pengacara dengan nama Mustika Raja Law Office untuk membantu mengatasi ...

Read More »

Mutu Jalan Nasional Buruk, Pemeliharan diduga Asal Asalan

MOJOKERTO, dobraknews-Kondisi jalan Nasional, ruas Mojokerto -Jombang dirasakan sejumlah masyarakat sangat buruk. Mutu jalan banyak berlubang sehingga sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Menurut salah seorang masyarakat sebut saja Pi, i, kondisi jalan dari trowulan Mojokerto banyak berlubang dan sangat berbahaya karena masyarakat yang melintas dalam kecepatan tingggi. Banyaknya lubang dijalan nasional itu diduga karena pihak pemerintah dalam hal ini BPPJN ...

Read More »

Terduga Teroris di Tangakap di Sibolga

SIBOLGA, dobraknews – Abu Hamzah terduga teroris telah ditangkap, Selasa (12/3/2019) di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Sibolga, Sumut. Irjen Pol M iqbal Kadiv Humas Polri di Jakarta, Selasa (12/3/2019), mengatakan pada Selasa pukul 14.23 WIB dilakukan penangkapan terhadap terduga teroris Husain alias Abu Hamzah di rumahnya. “Saat akan dilakukan pengecekan awal di ...

Read More »