Home » Berita » Pemerintah Fokus PadaTiga Program Nasional

Pemerintah Fokus PadaTiga Program Nasional

JAKARTA (dobraknews.com) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran pada 2017 untuk mendukung tiga program prioritas nasional yakni ketahanan air/pangan, konektivitas dan perumahan permukiman.
“Pagu anggaran Kementerian PUPR berdasarkan Surat Menteri Keuangan sebesar Rp106,82 triliun dan mengalami penyesuaian sesuai nota keuangan menjadi sebesar Rp105,56 triliun,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Rapat Kerja Pembahasan Rencana Anggaran 2017 di Komisi V DPR, Jakarta, Selasa (6/9/2016).
Khusus untuk program konektivitas, pembangunan beberapa ruas jalan menurut Basuki akan diteruskan sesuai dengan komitmen pemerintah. “Pembangunan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera sebagai komitmen pemerintah, pembangunan jalan trans Papua yang saat ini tinggal 176,1 kilometer. Kemudian pembangunan jalan di perbatasan Kalimantan, NTT dan Papua akan kita teruskan,” jelas Basuki.
Sementara, untuk pembangunan jalan perbatasan menurut Basuki akan menjadi prioritas utama dalam program konektivitas. Indonesia mempynyai beberapa tempat yang berbatasan dengan negara tetangga, seperti Kalimantan dengan Sarawak Malaysia, NTT dengan Timur Leste serta beberapa wilayah laut dsengan negara tetangga.
Kementerian PUPR juga akan membangun jembatan sepanjang 7.898 m pada 2017, termasuk untuk pembangunan bentang panjang yakni Jembatan Teluk Kendari, Jembatan Holtekamp dan Jembatan Pulau Balang.
“Untuk pembangunan jalan tol pada 2017 sepanjang 23 km di antaranya tol Medan – Kualanamu, Tol Akses Tanjung Priok, Tol Cisumdawu, Tol Solo – Kertosono, Tol Balikpapan – Samarinda, Tol Manado – Bitung,” tegas Basuki.(bt/do)
Share

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengkominfo Janji bawa masalah Pers Indonesia ke Presiden

JAKARTA, dobraknews – Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara menerima Tim Sekretariat Bersama Pers Indonesia ...