Home » Berita » Dharma Lautan Utama Maju Bersama Melayani Bangsa

Dharma Lautan Utama Maju Bersama Melayani Bangsa

SURABAYA [DOBRAKNEWS.COM] Usia PT Dharma Lautan Utama telah mencapai 40 tahun. Usia yang cukup panjang berkiprah melayani bangsa ini dalam melayani transportasi laut yaitu Kapal  penyebarangan. Sesuai dengan Realise yang diterima dobraknews.com, PT Dharma Lautan Utama telah telah mengalamibeberapa masa perjalanan diantaranya, pada tahun 1976-1980 yaitu era penderian Perusahaan.
PTDharma Lautan Utama didirikan oleh HR.M Soekarno, tepatnya pada tanggal 15 Frebuari 1976 dengan menyewa beberapa kapal yang melayani penyebarangan ujung (Surabaya)-Kamal (Madura), sebelum membangun kapal milik sendiri bernama Jokotole. Saat mulai merintis perusahaan tersebut, HR.M Soekarno selanjutnya meletakan visi dan Misi tersebut hingga saat dipertahankan karena untuk melayani masyarakat dan motto, Anda adalah Tamu Kami Yang Terhormat.
Pada era tahun 1980-1998 merupakan era penguatan perusahaan. Walaupun pendiri HR.M Soekarno wafat pada tanggal 28 mei 1980, perusahaan dikendalikan oleh Hj Soetartini Soekarno denga dibantu tiga putranya yaitu drg Bambang Soengging Suryasmoro, Drs Ec Bambang Eddy Soeprapto dan Ir Bambang Harjo Soekartono. Pada Fase ini PT Dharma Lautan Utama terus berkembang dengan terus berkembang mengembangkan sayap jaringan layanan penyebrangan Somber-Panajam, Padang Bai-Lembar, Kayangan -Patotano, Ketapang-Gilimanuk, Jangkar-Kalianget.
Kemudian memasuki era tahun 1998-2014, Ir Bambang Harjo Soekartono meletakan dasar tata kelola perusahaan yang modern dan dinamis, dengan menganut filosofi/motto Kami Melanyani Negeri atau We Serve The Nation. Bambang Harjo Soekartono membentuk PT Dharma Lautan Utama sebagai salah satu aset bangsa yang mewarnai kebijakan sektor transfortasi laut, dengan membuktikan bahwa Dharma Lautan Utama sebagai perusahaan pelayaran pertama (pionir) untuk lintas jarak jauh Surabaya-Banjarmasin menggunakan kapal jenis RO-RO yang perijinannya dibawah dirjen perhubungan laut.
Berbekal pengalaman mengelola kapal ferry kemudian mengadopsi standart pelayanan kelas ekonomi menjadi standar pelayanan minimal (SPM)yang ditetapkan oleh dirjen perhubungan darat. Berbagai terobosan terus dikembangkan diantaranya konsep Manajimen SDM dan Budaya Perusahaan yaitu SDMyang berkarakter, konsep layanan transportasi laut dan penyebrangan dengan mengutakan ketersediaan kapasitas angkut, menjamin keselamatan dan keamanan serta layanan Kenyamanan, ” Beyond economy class atau melebihi harapan pelanggan kelas ekonomi.
Dan takala pentinggya telah dikembangkan juga konsep manejimen keuangan , dengan menerapkan efesiensi biaya operasional dan kecepatan serta ketetapatan laporan dan analisa keuangan perusahaan , dan konsep perawatan kapal terintregrasi dengan membentuk DLU Maintenance Facility  dengan berdirinya galangan kapal PT Adiluhung Sarana Segara Indonesia.
Pada fase 2014 hingga sekarang PT Dharma Lautan Utama tetap memiliki komitmen dan berpegang pada impian dan cita-cita para pendiri perusahaan yaitu selalu Melayani Masyarakat dengan Hati. Dengan usia yang ke 40 tahun PT Dharma Lautan Utama membuat satu tag line , Maju Bersama Melayani Bangsa, dengan harapan agar pemangku disektor transportasi laut dan penyebrangan dapat maju bersama untuk mempersembahkan layanan baik bagi bangsa Indonesia.
Pada usia yang kucup panjang ini terihitung sejak tahun 2014 perusahaan ini telah menerima hampir seratus penghargaan mulai dari pemerintah pusat, daerah, organisasi/asosiasi, baik nasional maupun Internasional. Pada tahun 2015 telah menerima sembilan penghargaan diantaranya dari Menteri Perhubungan, sebagai penyedia jasa angkutan penyebrangan pelayanan terbaik pertama tahun 2015, yang diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 23 Desember 2015 yang lalu.
Dengan keberhasilan yang terus dirain PT Dharma Lautan Utama, sebagai wujud dan ucapan terima kasih telah 15 kali mengadakan Anugrah Mitra Usaha dan Pelanggan. Dan pada puncak penganugrahan ke 40 tahun dilaksanakan Jumat (4/3/2016) di Grand City Surabaya dengan beberapa ketegori diantaranya; ketegori penghargaan miniator dan pemenang penghargaan sebagai agen terbaik  2016 di wilayah I , CV Ariha Trevel Surabaya, CV Sugeng Wijaya Semarang, PT Karang Ayu Sentosa Semarang.
Agen terbaik 2016 wilayah II , PT Sinar Anugrah Fajar Pontianak, PT Kalimantan Harapan Safira, Sampit, Agus Travel, Makassar. Sedang ekspedisi terbaik wilayah I , CV Macika Sarana Expres, Semarang, V.Berkat Sejati, Surabaya, CV Putu Kaliyamat Semarang. Ekspediri terbaik wilayah II,UD tanijaya, Balikpapan, CV Maju Jaya , Balik Papan, CV Arifin Dirgantara Mandiri Makasar.
Pengemudi Terbaik, 
Pengemudi Teladan lintas pendek; 
M Tohir PT Swadaya Bandar Lampung
Soeprapto CV Rohman Jaya Banyuwangi
Suheryono Lombok Exspress lombok.
Pengemudi teladan lintas panjang,;
Gunawan PT Java Expres Surabaya
Suharto UD Tani Jaya Balik Papan
Mumamad Yusuf PT Cahaya Mamajang Raya Bau Bau.
Pelanggan setia ketegori penumpang , Abdul Rohman, pelanggan asal Bakauheni Lampung, ketegori pengendara sepeda motor Basri asalSemarang, ketegori kendaraan kecil Ida Bagus Sumadi asal Singaraja Bali. (M.Tindaon)
Share

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengkominfo Janji bawa masalah Pers Indonesia ke Presiden

JAKARTA, dobraknews – Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara menerima Tim Sekretariat Bersama Pers Indonesia ...